Sekelompok karyawan yang bekerja di salahsatu perusahaan yang bergera di bidang Retail baru mengahiri aktivitasnya ketika jam sudah menunjukan angka 11,atau pukul 23:00 melebihi jam buka pusat perbelanjaan atau maall tempat toko tersebut berada,padahal kalau normal jam 22:00 mereka harusnya sudah mengakhiri semua aktivitanya,bukan tanpa alasan mereka baru pulang jam 23:00 hari itu,tapi mereka baru pulang karena menunggu seorang customer menyelesaikan transaksinya dan yang disayangkan adalah customer ini seolah tidak mau tahu dengan jam operasional toko,mungkin karena dia berpikiran kalau customer adalah raja jadi dia bisa berprilaku seenak jidatnya saja,padahal di lain pihak banyak karyawan yang haknya terlewatkan,atau mungkin banyak waktu yang terbuang sia-sia karena sejatinya sang customer ini sudah menemukan barang yang dicarinya dan tinggal menyelesaikan transaksinya saja.
Kadang kita sebagai seorang customer juga merasa tak mau tahu dan tidak peduli tentang apa yang dirasakan atau apa yang dipikirkan sama sales/advisor atau sang penjual,karena kita disitu berada diposisi yang diuntungkan karena dalam pikiran kita ketika jadi customer kita adalah yang memberikan penghasilan buat mereka,dan kalau mereka sang sales sibuk atau gimana ya itu adalah tugasnya mereka seperti itu.kadangkita juga suka seenaknya sendiri ketika ada barang yang seiranya kita ga butuhkan tapi sudah terlanjur kita ambil,terus kita main letakin tuh barang dimana saja,karena kita berpikir yang penting ini masih didalam toko,padahal kalau kita lihat dari sudut pandang sang sales,kebiasaan kita meletakan barang dimana saja itu adalah sebuah pekerjaan berat,karena mereka bisa jadi dipotong gaji kalao barang yang kita simpan sampai ga ketemu karena hitungannya mereka kehilangan barang,coba dech ga susah kok,kita mulai jadi seorang customer yang care terhadap pekerjaan orang lain kita juga harus bisa membantu pekerjaan mereka,tentu kita pun yang bekerja diluar sales merasakan bagaimana susahnya ketika alat kerja kita nyasar ketempat orang atau mungkin terselip.dan yang pasti ketika kita melakukan sebuah kebaikan sebuah kepedulian tuhan tidak akan tutup mata,tuhan bisa membuat kita jauh lebih dipeduliin sama orang tuhan membuat orang-orang disekitar kita menjadi baiik,dan yang pasti tuhanpun akan mempermudah pekerjaan kita.
Namun bagi sebagian orang dengan kocek tebal hal ini tentu akan diabaikan,karena mana ada mereka peduli sama pekerja rendahan seperti seolah sales,dan yang ada dalam pikirannya adalah sales is sales tugas dan pekerjaannya adlah menjual dan melayani. Yang lebih aneh adalah ketika mereka pergi ke sebuah toko dengan sistem melayani diri sendiri mereka akan melakukannya seperti tanpa beban,tapi kenapa setelah mereka datang ketempat yang salesnya banya seolah jadi seorang yang manja,yang mau ini atau itu harus terus dilayani,padahal harusnya merekas menyadari pekerjaan seorang sales itu bukan hanya menjual,bukan hanya melayani,tapi banyak sang sales harus merapikan setiap barang,sales harus terus mengisi barang yang kosong supaya kelihatan banyak terus,sales harus selalu order barang,sales harus selalu menjaga kebersiha area mereka bekerja,sales harus memastikan barang yang mereka jaga atau jual selalu sesuai dengan stock.
Jadi customer yang smart atau pintar itu bukan hanya sekedar jadi customer yang bisa mendapatkan barang bagus dan banyak dengan sedikit modal atau rupiaj yang dikeluarkan,tapi customer yang smart itu adalah customer yang bisa merasakan apa yang spg/spb rasakan,sehingga tidak semena-mena dan seenaknya saja,namun kita tetap harus menjaga batasan supaya sang sales/SPG/SPb tidak seenaknya juga,kalau dirasa sang sales melakukan sesuatu yang sekiranya merugikan kita tak ada salahnya kita tegur dan kita ingatkan.
Terakhir kita sebagai customer hendaknya bisa mengetahui batasan waktu kapan kita harus belanja di tempat tersebut,sehingga kita bisa belanja senyaman mungkin tanpa terburu-buru yaitu ketika toko sudah buka,jangan datang sbelum toko buka karena akan membuang banyak waktu ketika kita harus menunggu toko buka,coba di atur waktunya kalau toko yang akan kita datangi buka jam 10 pagi coba kita datang jam 10:15 supaya kita bisa mendapat sambutan yang hangat dari sales didalam toko,terus kalau misalnya toko yang akan kita kunjungi tutup jam 22:00 cobalah 15 menit sbelum toko tutup kita sudah mengakhiri semnua aktivitas berbelanja kita,supaya kita pun nyaman dan sales didalampun meraskan nyaman dan kita bisa membereskan barang sampai toko tutup,dan memberikan waktu kepada mereka untuk beristirahat sebelum toko tutup,karena pekerjaan seorang sales itu bukan sebagai robot yang tanpa istirahat,sales juga perlu istirahat.sama seperti kita yang membutuhkan istirahat setelah bekerja dan beraktivitas..
Are you ready to be smart customer and care customer....
0 komentar:
Post a Comment